TRANSLATE ARTIKEL INI KE DALAM BAHASA LAIN DENGAN MENGKLIK PILIH BAHASA DIBAWAH

Sunday, 30 December 2012

PSIKOLOGI PENDIDIKAN (Educational Psychology)

A.    PENGERTIAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
*  Psikologi pendidikan merupakan cabang dari psikologi yang khusus mempelajari perilaku manusia dalam konteks pendidikan.
*      Psikologi pendidikan merupakan psikologi khusus.
*   Psikologi pendidikan merupakan psikologi terapan, diterapkan untuk memecahkan masalah-masalah psikolgis dalam praktik pendidikan.

B.     HUBUNGAN PSIKOLOGI DENGAN PENDIDIKAN

*   Mendidik berarti membantu peserta didik agar mereka dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tujuan pendidikan
*      Peserta didik merupakan makhluk bio-psiko-sosio-spiritual.
*      Aspek psikologis tidak dapat diabaikan dalam proses pendidikan.
*      Pendidikan dilakanakan berdasarkan : landasan filosofis, psikologis, sosio-kutural, & teknologis

DEFINISI & TUJUAN PENDIDIKAN
*      Menurut F.H. Phenix
        “Education is the process whereby persons intentianally guide the development of persons”
*       Menurut Ki Hajar Dewantara
    Pendidikan adalah tuntunan segala kekuatan kodrat yang ada pada anak2, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.
*      Menurut TAP MPR NO. V/MPR/1973
    Pendidikan pada hakikatnya adalah  usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah
*      Menurut UU RI No. 2 Tahun 2003
        Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

KESIMPULAN
*   Pendidikan  adalah  tuntunan, pimpinan, bimbingan yang dilakukan  secara sadar (sengaja) oleh seseorang atau  sekelompok orang  kepada seseorang atau sekelompok orang.
*    Tuntunan, pimpinan, dan bimbingan tersebut  dilakukan   dengan maksud membantu perkembangan si terdidik ke  arah tujuan tertentu.
*      Bahwa   kegiatan  pendidikan  (interaksi pendidik dengan peserta didik) dapat terjadi di dalam maupun di luar sekolah

1 comment:

  1. mengapa peserta didik merupakan makhluk bio psiko sosio spiritual????

    ReplyDelete

Tulis komentar Anda disini

ANDA PENGUNJUNG KE :

CARI ARTIKEL LAIN DI BLOG INI DENGAN MEMASUKKAN KATA PADA KOLOM SEARCH DIBAWAH