TRANSLATE ARTIKEL INI KE DALAM BAHASA LAIN DENGAN MENGKLIK PILIH BAHASA DIBAWAH

Sunday, 4 December 2022

Contoh Membuat Kisi-Kisi Angket dari Variabel Penelitian

Tugas III

TUGAS METODOLOGI PENELITIAN

(Dosen: M. Yusuf Hidayat. M.Pd)

 

Nama : M Al Furqan

Nim : 20404109036

Fisika : 2

 

1.      Kisi-kisi Angket

 

No

Variabel

Sub Variabel

Indikator

Deskriptor

No Soal

1

Sikap Siswa

Sikap Mental

·         Percaya diri

 

 

 

 

 

 

 

·         Minat belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

·         Mengerjakan tugas/soal yang di berikan

·         Keuletan

 

 

 

 

 

 

·         Menerima nilai hasil ulangan dengan sikap positif

 

ü  Selalu percaya diri ketika di suruh mengerjakan soal.

ü  Yakin dengan kemampuan yang dimiliki untuk mempelajari fisika

ü  Mengancungkan tangan ketika diminta mengerjalan soal di depan kelas

ü  Memiliki minat yang besar dalam belajar fisika

ü  Bertanya kepada guru tentang materi belajar yang tidak dimengerti

ü  Lebih suka bertanya kepada teman dari pada kepada guru mengenai materi yang tidak dipahami

ü  Merespon dengan baik ketika diberikan tugas rumah (PR)

 

ü  Memiliki keuletan rohani yang tinggi dan tidak putus asa

ü  Belajar dengan penuh semangat dan memperhatikan penjelasan guru di kelas

ü  Merasa tidak puas dengan nilai hasil ulangan dan termotivasi

 

5

 

 

2

 

 

 

 

10

 

 

 

8

 

 

1

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

7

 

 

2.      Contoh Angket

 

1.      Saya selalu percaya diri di dalam kelas ketika guru menyuruh maju ke depan untuk mengerjakan soal

a.       Sangat sesuai

b.      Sesuai

c.       Kurang sesuai

d.      Tidak sesuai

2.      Saya merasa yakin bahwa mempunyai kemampuan  untuk mempelajari ilmu fisika yang diajarkan oleh guru di sekolah

a.       Sangat sesuai

b.      Sesuai

c.       Kurang sesuai

d.      Tidak sesuai

3.      Saya selalu mengancungkan tangan ketika guru meminta para siswa untuk menjelaskan atau menjawab soal ketika berada di dalam kelas

a.       Sangat sesuai

b.      Sesuai

c.       Kuarng sesuai

d.      Tidak sesuai

4.      Saya selalu mempunyai minat yang besar terhadap pelajaran fisika yang akan saya ikuti di dalam kelas

a.       Sangat sesuai

b.      Sesuai

c.       Kurang sesuai

d.      Tidak sesuai

5.      Saya selalu bertanya kepada guru ketika tidak mengerti dengan apa yang dia jelaskan pada saat peruses pembelajaran

a.       Sangat sesuai

b.      Sesuai

c.       Kurang sesuai

d.      Tidak sesuai

6.      Saya sering bertanya kepada teman sekelas dari pada bertanya  langsung kepada guru tentang materi yang tidak saya mengerti

a.       Sangat sesuai

b.      Sesuai

c.       Kurang sesuai

d.      Tidak sesuai

7.      Saya merespon dengan senang hati ketika guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah (PR)

a.       Sangat sesuai

b.      Sesuai

c.       Kurang sesuai

d.      Tidak sesuai

8.      Saya tidak memiliki keuletan rohani yang tinggi sehingga mudah putus asa ketika menghadapi materi yang sulit untuk dimengerti

a.       Sangat sesuai

b.      Sesuai

c.       Kurang sesuai

d.      Tidak sesuai

9.      Saya selalu belajar dengan penuh semangat dan memperhatikan dengan baik ketika guru menjelaskan materi pelajaran di depan kelas

a.       Sangat sesuai

b.      Sesuai

c.       Kurang sesuai

d.      Tidak sesuai

10.  Saya merasa tidak puas dengan nilai hasil ulangan yang diperoleh sehingga memotivasi saya untuk belajar lebih giat lagi

a.       Sangat sesuai

b.      Sesuai

c.       Kurang sesuai

d.      Tidak sesuai

Saturday, 3 December 2022

Deskripsi Diri PPPK sekalian Curhat 😀

SMPN Satap 1 Pulau Hanaut

Nama Saya M. Al. Furqan, merupakan seorang pendidik di SMPN Satap 1 Pulau Hanaut Kabupaten Kotawaringi Timur Kalimantan Tengah. Saat ini saya berusia 31 tahun, lahir pada 27 Februari 1991 di Nunggi (Bima-NTB).

 

Saya lulusan dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar tahun 2014 pada Jurusan Pendidikan Fisika. Setelah lulus dari perguruan tinggi, saya merantau ke pulau Borneo (Kalimantan) dan mengajar di SMPN Satap 1 Pulau Hanaut - Desa Satiruk Kec Pulau Hanaut Kab Kotawaringin Timur Prov Kalimantan Tengah.

 

Tujuh tahun sudah saya menjadi pengajar disini, dengan mengampu mata pelajaran IPA, Bahasa Indonesia, PJOK, dan Mulok (mengampu beberapa mata pelajaran disebabkan kekurangan guru). Dalam kurun waktu 7 tahun ini saya juga diamanahkan menjadi wali kelas VII.

 

Ditahun pertama mengajar dan menginjakkan kaki di desa Satiruk (2015), saya tidak hanya mengajar di SMP tetapi membantu mengajar juga di SD (SDN 1 Satiruk), Sekolah SMP dan SD satu lokasi, jadi guru SMP membantu (mengajar) di SD dan sebaliknya Guru SD membantu (mengajar) juga di SMP dikarenakan kurangnya tenaga pendidik di SD maupun di SMP.

 

Selama saya mengajar di SMPN Satap 1 Pulau Hanaut, saya tak hanya memberikan materi kepada para siswa namun juga turut meningkatkan wawasan dan pengembangan diri dengan mengikuti sejumlah kegiatan dan pelatihan juga seminar. Diantaranya mengikuti kegiatan pelatihan K13, PKP, MGMP, Seminar Pendidikan, menjadi panitia penerimaan siswa baru, pengenalan lingkungan sekolah, dll.

 


Saya juga mendampingi anak didik yang ikut ANBK ke kecamatan lain (sekolah lain) dikarenakan didaerah saya mengajar masih kategori daerah tertinggal sehingga akses internet tidak tersedia dengan baik dan listrik yang sering padam.

 

 

Dalam kegiatan pembelajaran, saya berupaya mewujudkan suasana kelas yang menyenangkan, menarik, dan mudah dipahami sesuai karakteristik siswa. Tidak hanya sekadar memberikan materi pembelajaran, saya pun berupaya menjalin kedekatan antara guru dengan siswa sehingga saya bisa memahami karakteristik dan emosional siswa. Karena menjadi seorang guru tidak boleh hanya pandai dalam penguasaan materi tapi juga harus bisa berinovasi dalam menyampaikan materi.

 

Di samping itu, saya sering melakukan kolaborasi dengan guru lainnya untuk meningkatkan profesinalitas sebagai pendidik. Hal itu saya lakukan agar bisa belajar banyak hal dari guru-guru lainnya yang lebih berpengalaman. Selama bertugas sebagai seorang guru, saya memiliki semangat tinggi ketika mengajar dan berinteraksi dengan siswa.

 

Menjadi seorang guru bukan hanya menjadi profesi yang dapat dibanggakan, melainkan memberikan stimulus untuk saya terus belajar menjadi tenaga didik yang profesional. Selain itu menjadi sebuah kepuasan bagi saya saat berhasil meningkatkan pengetahuan para siswa dan mengantarkan mereka menuju apa yang di cita–citakan.

 

Selain bertanggung jawab di sekolah, guru juga harus melakukan pengabdian pada masyarakat yang luas. Harus ada jiwa pengabdian untuk bisa berbuat dalam kemasyarakatan. Dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, saya aktif dalam kegiatan mulai tingkat RT, RW, desa hingga kecamatan. saya juga sangat aktif mengikuti kegiatan gotong royong di desa, mengikuti pengajian dari majelis taklim, dan rapat bersama warga untuk kemajuan lingkungan masyarakat sekitar.

 

Pengabdian kepada masyarakat sebagai warga negara, saya ingin selalu berperan aktif dalam langkah mencerdaskan anak bangsa. Saya merasakan ada kepuasan batin dan perasaan senang apabila bermanfaat untuk orang-orang banyak lebih-lebih untuk lingkungan sekitar yang saya tempati.

 

Demikian deskripsi diri ini saya buat. Mohon maaf apabila banyak kekurangan.

Sebagian besar pengalaman saya mengajar dan berbaur dangan masyarakat di Desa Satiruk ini saya tuangkan ke dalam blog pribadi saya: https://furqanlawera.blogspot.com/search/label/My%20Work%20Story

 
*foto hanya pemanis utk tulisan ini 😀

ANDA PENGUNJUNG KE :

CARI ARTIKEL LAIN DI BLOG INI DENGAN MEMASUKKAN KATA PADA KOLOM SEARCH DIBAWAH