TRANSLATE ARTIKEL INI KE DALAM BAHASA LAIN DENGAN MENGKLIK PILIH BAHASA DIBAWAH

Friday 9 February 2024

HAKEKAT, TUJUAN DAN MANFAAT PPL

1.      Hakekat PPL

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kokurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa (calon guru) baik yang mencakup latihan mendidik, mengajar, maupun tugas pendidikan lainnya, secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan profesi pendidikan.

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu muara dari seluruh program pendidikan. PPL dilaksanakan setelah mahasiswa sudah dianggap sudah memperoleh bekal pengetahuan yang memadai dengan berbagai bidang yang berkaitan dengan pengelolaan proses belajar mengajar.

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dapat disamakan dengan latihan kerja bagi calon pegawai hotel atau latihan kerja bagi calon dokter, hakekat semua pelatihan tersebut adalah sama yaitu mempersiapkan calon pengemban tugas dengan baik kelak.

2.      Maksud dan Tujuan PPL

Maksud dan tujuan PPL dapat dibagi menjadi dua yaitu tujuan secara umum dan tujuan secara khusus.

1.      Tujuan Secara Umum

PPL bertujuan agar mahasiswa mendapatkan secara aktual di lapangan sebagai wahana terbentuknya tenaga kependidikan yang profesional yaitu tenaga kependidikan yang memiliki perangkat pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang diperlukan bagi profesinya serta mampu menetapkan dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah.

2.      Tujuan Secara Khusus

Tujuan secara khusus yang diharapkan dapat dicapai mahasiswa melalui PPL yaitu:

1.        Mengenal secara cermat lingkungan sosial, fisik, administrasi dan akademik sekolah sebagai tempat pengabdiannya kelak.

2.        Menguasai berbagai keterampilan mengajar.

3.        Dapat menerapkan keguruan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata dengan bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong.

4.        Dapat menerapkan keguruan secara utuh dan terintegrasi dalam situasi nyata dengan bimbingan yang minimal atau bahkan tanpa bimbingan.

5.        Mampu belajar dari penghayatan dan pengalaman selama mengikuti latihan.

3.      Manfaat PPL

Setelah pelaksanaan PPL berakhir, diharapkan dapat bermanfaat bagi yang melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) tersebut, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) maupun bagi sekolah tempat praktek.

Secara umum bagi mahasiswa PPL memberikan manfaat yang sangat penting. Melalui PPL, mahasiswa calon guru dapat memperoleh pengalaman, pengetahuan mengajar dan mengelola kelas secara profesional, sehingga kelak sanggup atau lebih siap menjalankan tugas atau amanah sebagai seorang guru LPTK sehingga akan mendapatkan berbagai informasi tentang dunia pendidikan serta posisinya di sekolah lanjutan. Sehingga menemukan suatu cara atau sistem menyiapkan dan menghasikan guru yang sesuai dengan kebutuhan sekolah atau ahli dalam bidang tersebut.

Juga tak kalah bermanfaatnya bagi sekolah karena sedikit banyaknya akan memberikan konstribusi bagi kepentingan kependidikan di sekolah yang bersangkutan, misalnya dengan adanya pengalaman baru atau motivasi bagi pihak sekolah untuk berbenah diri baik secara individual maupun secara kolektif demi kepentingan kependidikan.

No comments:

Post a Comment

Tulis komentar Anda disini

ANDA PENGUNJUNG KE :

CARI ARTIKEL LAIN DI BLOG INI DENGAN MEMASUKKAN KATA PADA KOLOM SEARCH DIBAWAH