Pengertian
administrasi atau manajemen banyak diungkap oleh para ahli administrasi
pendidikan. Administrasi Pendidikan menurut Syarif (1976 :7) “segala usaha
bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber (personil maupun materiil) secara
efektif dan efisien untuk menunjang tercapainya pendidikan. Menurut Syamsi
(1985:10) “administrasi adalah seluruh kegiatan dalam setiap usaha kerjasama
yang dilakukan oleh sekelompok atau lebih orang-orang secara bersama-sama dan
simultan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan”. Sedangkan menurut
Soepardi (1988:7) “ administrasi adalah keseluruhan proses kegiatan-kegiatan
kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok atau lebih oarang-orang secara
bersama-sama dan simultan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Perlu
juga diketahui berbicara mengenai manajemen tidak akan terlepas dari
fungsi-fungsi manajemen itu sendiri. Fungsi dari manajemen banyak diungkapkan
oleh para ahli, tetapi yang mudah diingat adalah fungsi-fungsi yang terdiri
atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi (Fayol dalam
Sahertian).
Berdasarkan
uraian mengenai manajemen atau administrai dari beberapa ahli di atas, dapat
diambil suatu kesimpulan bahwa administrasi pendidikan adalah segala usaha
bersama mulai dari perencanaan, pengorganisassian, pelaksanaan, dan
pengevaluasian dalam hal mendayagunakan semua sumber daya yang ada secara
efektif dan efisien guna pencapaian tujuan yang teelah ditetapkan yaitu tujuan
pendidikan.
Administrasi
pendidikan adalah “ segala usaha bersama untuk mendayagunakan sumber-sumber
(personil maupun materiil) secara efektif dan efisien untuk menunjang
tercapainya tujuan pendidikan” (Syarif, 1976:126)
Pengertian
administrasi pendidikan menurut Sutisna (1979:2-3) adalah :
Administrasi
pendidikan adalah keseluruhan (proses) yang membuat sumber-sumber personil dan
materiil sesuai yang tersedia dan efektif bagi tercapainya tujuan-tujuan
bersama. Ia mengerjakan fungsi-fungsinya
dengan jalan mempengaruhi perbuatan orang-orang. Proses ini meliputi
perencanaan, organisasi, koordinasi, pengawasan, penyelenggaraan dan pelayanan
dari segala sessuatu mengenai urusan sekolah yang langsung berhubungan dengan
pendidikan seklah seperti kurikulum, guru, murid, metode-metode, alat-alat
pelajaran, dan bimbingan. Juga soal-soal tentang tanah dan bangunan sekolah,
perlengkapan, pembekalan, dan pembiayaan yang diperlukan penyelenggaraan
pendidikan termasuk didalamnya.
Administasi
pendidikan pada dasarnya merupakan suatu alat untuk mencapai tujuan pendidikan
(Soepardi, 1988:24-25). Syarat dari administrasi pendidikan menurut Danien
(1982:8), yaitu
1. Adanya kerja sama sekelompok orang
2. Adnya penataan atau pengaturan dalam
kerja sama tersebut
3. Adnya suatu tujuan tertentu yang
akan dicapai melalui kerja sama tersebut.
Tiga
syarat tersebut memang benar, dengan kita melihat kembali definisi administrasi
yang dikemukakan oleh banyak ahli tersebut di atas. Sedangkan ciri-ciri dari
administrasi pendidikan menurut Soepardi (1988:7) adalah:
1. Adanya sekelompok orang-orang yang
lebih dari satu orang.
2. Kelompok-kelompok di atas merupakan
korps yang bekerja sama.
3. Kerja sama yang merka lakukan
mengarah pada tujuan yang telah ditetapkan.kerja sama tersebut merupakan
proses.
Dua
pendapat tersebut sama benarnya, dan sama-sama ada tiga unsur dan satu unsur
yang merupakan tambahan dari pendapat Soepardi yaitu adanya proses kerja sama
sekelompok orang dalam penataan guna pencapaian tujuan yang telah disepakati
bersama. Tujuan dari pendidikan adalah agar semua pekerjaan yang ada di
dalamnya dapat berjalan denga baik dengan mempergunakan segala fasilitas yang
ada di dalamnya seefektif dan seefisien mungkin guna pencapaian tujuan
pendidikan. Hal ini di dukung dengan tujuan Administrasi Pendidikan yang di
kemukakan oleh Syamsi, yaitu;
Tujuan
Administrasi Pendidikan adalah agar segala pekerjaan atau kegiatan yang ada
dalam suatu usaha kerja sama itu bisa berjalan dengan baik, lancar, teratur,
mencapai tujuannya. Dengan kata lain, tujuan Administrasi Pendidikan adalah
untuk mendayagunakan segala tenaga, fasilitas dan dana secara efektif dan
efisien untuk mencapai tujuan (1985:10)
No comments:
Post a Comment
Tulis komentar Anda disini