TRANSLATE ARTIKEL INI KE DALAM BAHASA LAIN DENGAN MENGKLIK PILIH BAHASA DIBAWAH

Thursday 9 June 2022

#SOALJAWAB #ASTRONOMI - MENGAMATI BENDA LANGIT

 1.    Apa yang menyebabkan bintang berkelap-kelip?

-          Bintang berkelap-kelip terjadi karena udara yang bergerak pada atmosfer bumi

2.    Alat apa yang digunakan untuk melihat benda-benda langit?

-          teleskop

3.    mengapa pada saat kita melihat bintang terlihat seperti titk bercahaya sedangkan pada waktu melihat planet terlihat seperti piringan berpola?

-          Karena jarak bintang dengan bumi terlalu jauh sehingga bintang akan terlihat seperti titik bercahaya, sedangkan jarak antar planet dari bumi lebih dekat.

4.    Jelaskan pengertian galaksi?

-          Galaksi adalah kumpulan bintang-bintang

 

 

 

5.    Sebutkan salah satu ayat yang menjelaskan tentang galaksi atau benda-benda langit?

-          Dalam surah ke 25 Al-Quran ayat ke 61 yang artinya” Maha suci Allah yang menjadikan dilangit gugusan-gugusan dan dia menjadikan juga padanya matahari dan bulan yang bercahaya

6.    Sebutkan panjang gelombang dari gelombang optik?

-          Panjang gelombang dari gelombang optik adalah antara 3,800-7,500 angstrom

7.    Apa yang dimaksud dengan jendela optik?

-          Cahaya optik adalah gelombang optik yang menembus atmosfer bumi sehingga cahaya itu sampai di permukaan bumi.

8.    Apa yang dimaksud dengan jendela radio?

-          Jendela radio adalah gelombang yang diteruskan atmosfer bumi dengan panjang gelombang mulai dari beberapa milimeter sampai 20 meter.

9.    Siapa yang mengamati benda langit pertama kali dengan menggunakan teleskop optik?

-          Galileo Galilei

10.Pada tahun berapa Galileo Galilei mengamati gelombang optik yang pertama kali?

Pada tahun 1609

#SOALJAWAB #ASTRONOMI - OBSERVATORIUM BOSCHA

 1.    Jelaskan latar belakang berdirinya UPT observatorium Bosscha.!

     Pada tahun 1920 ide pendirian stasiun pengamatan bintang mulai bergulir dengan berdirinya Nederlandch Indische Sterrnkundige Vereeniging (NIS/Perhimpunan Ilmu Astronomi Hindia Belanda) yan dipelopori Karel Albert Rudolf Bosscha. Ini adalah tahun yang menjadi tonggak sejarah berdirinya observatorium tersebut. Pada 12 september 1920 diadakan rapat pertama NISV di hotel Homman Bandung yang memutuskan untuk membangun sebuah observatorium untuk memanjukan ilmu Astronomi Di Hindia Belanda.

2.    Siapakah yang mendirikan UPT Observatorium Bosscha?

     Observatorium Bosscha (Peneropongan Bintang Bosscha), didirikan oleh Nederlands Indische Strrenkundige Vereeniging, yakni perkumpulan ahli bintang Hindia Belanda.

3.    Sebutkan visi didirikannya UPT Observatorium Bosscha!

     Penempatan itu sejalan dengan visi observatorium Bosscha yang secara aktif memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan astronomi dan astrofisika secara teoritis mauppun pengamatan. Di samping itu kedepan, observatorium Bosscha tersebut juga terus berupaya untuk meningkatkan peran dan fungsi sebagai Pusat Penelitian dan Pengembangan Astronomi dan sains Keantariksaan di Indonesia

4.    Dimanakah letak Observatorium Bosscha?

     Observatorium Bosscha terletak di posisi  107o37’ bujur timur (BT) dan 6o49’30” lintang selatan (LS). Ketinggian 1.300 met4er di atas permukaan laut dan 630 meter di atas dataran tinggi bandung. Dari kota bandung menuju kea rah utara sejauh 15 km.

5.    Sebutkan fasilitas –fasilitas yang ada di UPT Observatorium Bosscha!

fasilitas-fasilitas yang ada diantaranya ialah:

a.       Refraktor GANDA ZEISS

b.      Reflektor SCHNMIDT “BIMASAKTI”

c.       Reflektor CAASSEGRAIN “GOTO”

d.      Refraktor TUNGGAL “BAMBERG”

e.       Refraktor TUNGGAL “UNITRON”

 

6.    Sebutkan funsi Reflektor Schmidt “Bima Sakti”!

Reflektor Schmidt “Bima  Sakti” digunakan untuk:

Ø  Menentukan spectrum bintang

Ø  Menentukan struktur galaksi Bimasakti

Ø  Mempelajari obek-obyek istimewa komet, bintang meledak.

7.    Jelaskan Fungsi UPT Observatorium Bosscha?

     Sebagai suatu badan yang bergerak dalam cabang ilmu pengetahuan alam, khususnya Astronomi yang memperrlajari dan menyelidiki benda-bena langit di jagat raya. Dengan perlengkapan yang ada di observatorium, serta informaasi-informasi baru yang diterima mengenai kenajuan pengetahuan antariksa ari luar negeri, maka pengetahuan kita tentang alam raya ini akan semakin luas dan maju.

Kerjasama penelitian sering dilakukan dengan Negara-negara asing, seperti Amerika, Jepang, Belanda, Australia, India, dan lain-lain.

8.    Apakah fungsi Bosscha bagi ITB?

     Bagi ITB, Bosscha tidak hanya menjadi sarana penunjang pendidikan bagi mahasiswa departemen astronomi dan departemen lainnya di ITB tetapi juga untuk memperkenalkan suatu model profesi astronomi. Elain itu, juga menjadi sarana pengajaran bagi mahasiswwa dan beberapa lembaga pendididkan lainnya di luar ITB.

9.    Apakah ada legitimasi hukum yang menyatakan bahwa observatorium Bosscha sebagai perangkat penunjang Akademik ITB.?

     Ada, Keberadaan observatorium Bosscha diatur dalam PP Nomor 155 Tahun 2000, Bab X Satuan Akademik, pasal 44 ayat 6, menempatkan Observatorium Bosscha sebagai perangkat penunjang akademik di ITB.

Sunday 5 June 2022

#SOALJAWAB #ASTRONOMI - ASTRONMI

 

1.      Jelaskan pengertian astronomi secara etimologi dan terminologi!

Ø  Secara etimologi, kata "astronomi" berasal dari bahasa Yunani yang terdiri atas kata "astro" yang berarti "bintang" dan "nemein" yang berarti "menamakan". Jadi, astronomi dapat diartikan sebagai ilmu tentang bintang

Ø  Secara terminology, astronomi yang disebut juga “Ilmu Bintang” adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal usul, evolusi, sifat fisik, dan kimiawi serta proses-proses yang terjadi pada benda-benda yan bisa dilihat di langit (dan di luar bumi).

2.      Jelaskan persamaan dan perbedaan ilmu astronomi dengan astrologi dan mengapa keduanya tersebut sering diasosiasikan?

ü  Perbedaan antara Ilmu Astronomi dan Astrologi, yaitu:

Astronomi merupakan ilmu yang berlandaskan pada fakta sains sedangkan astrologi hanya merupakan ilmu semu yang meyakini bahwa takdir manusia dapat dikaitkan dengan letak benda-benda astronomis di langit

Para astronom menggunakan metode ilmiah sedangkan astrolog tidak. Astronomi diyakini merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang masih memungkinkan peran aktif masyarakat awam, khususnya dalam hal penemuan dan pengamatan fenomena semesta.

ü  Persamaan antara ilmu astronomi dan astrologi terletak pada asal muasalnya yakni sama-sama berawal melalui pengamatan bintang dan menjadikan benda-benda langit sebagai objek bahasan. Hal ini pulalah yang menyebabkan sehingga kedua ilmu ini seringkali diasosiasikan.

 

 

 

3.      Uraikan secara singkat sejarah astronomi!

Sejarah Astronomi

Astronomi pada awalnya hanya mengandalkan pengamatan dan ramalan gerakan benda langit yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Bangsa Yunani kuno memberikan sumbangan penting pada astronomi, diantaranya adalah definisi dari sistem magnitude. Namun, setelah itu penelitian astronomi secara keseluruhan hamper berhenti selama abad pertengahan, kecuali astronom  Arab.Para astronom Arab menganalisis gerhana, serta melakukan reformasi kalender.

Selanjutnya selama Renaisans, ilmu ini kebanyakan dikembangkan dan penemuan teori-teorinya dilakukan di barat seperti Copernicus, Galileo Galilei,  Johannes Kepler, Newton dan terus berlanjut hingga ilmuwan atau para astonom sekarang ini.

4.      Apa sajakah yang dibahas di dalam ilmu astroomi?

Ilmu astronomi adalah ilmu yang membahas alam semesta dalam cakupan yang tak terbatas karena kian hari bidang kajiannya semakin meluas atau kompleks.

5.      Sebutkan cabang-cabang ilmu astronomi!

Cabang-cabang ilmu astronomi:

Jika merujuk pada perbedaan antara astronomi “teoritis dan pengamatan” maka bidang yang dipelajari dalam astronomi dikategorikan menjadi dua, pertama dikategorikan berdasarkan subjek atau masalah yang dikaji dan yang kedua dikategorikan berdasarkan cara mendapat informasi. Kategori pertama meliputi astronomi galaksi atau pembentukan bintang atau kosmologi. Sedangkan kategori kedua meliputi penggalian informasi dengan menggunakan spektrum elektromagnetik.

      Pembagian astronomi secara tradisional dibuat berdasarkan rentang daerah spectrum elektromagnetik yang diamati, yakni:

 

a.       Astronomi optikal

b.      Astronomi inframerah

c.       Astronomi radio

d.      Astronomi energi tinggi

e.       Astronomi Ekstragalaktik

f.       Astronomi sinar-X dan astronomi sinar-gamma

g.      Astronomi ultra violet

h.      Astronomi infra merah jauh

Berdasarkan subyek atau masalah astronomi terdiri atas astrometri, kosmologi, fisika galaksi, astronomi ekstragalaksi, pembentukan galaksi dan evolusi, ilmu planet, fisika bintang, evolusi bintang, dan pembentukan bintang.

6.      Sebutkan lima tokoh beserta temuannya dalam bidang astronomi  !

Lima tokoh beserta temuannya dalam bidang astronomi, yakni:

-          Anaximander (610-546 SM). Ia menganggap bentuk Bumi sebagai silinder dan angkasa berputar tiap hari mengelilinginya.

-          Aristoteles (384-322 SM) - Seorang ilmuwan Yunani yang percaya bahwa Matahari, Bulan dan planet-planet mengitari Bumi pada permukaan serangkaian bola angkasa yang rumit. Ia mengetahui bahwa Bumi dan Bulan berbentuk bola dan bahwa bulan bersinar dengan memantulkan cahaya Matahari, tetapi ia tak percaya bahwa Bumi bergerak dalam Antariksa ataupun bergerak dalam porosnya.

-          Copernicus, Nicolaus (1473-1543) - Seorang ahli astronomi Polandia yang mencetuskan pandangan bahwa Bumi bukanlah pusat alam semesta sebagaimana pandangan umum pada masanya, melainkan mengitari Matahari seperti planet lainnya.

-          Eratosthenes (276-196 SM) - Seorang ahli astronomi Yunani yang pertama-tama mengukur besarnya Bumi secara teliti. Ia mencatat perbedaan ketinggian Matahari di langit sebagaimana terlihat pada tanggal yang sama dari dua tempat pada garis utara-selatan yang jaraknya diketahui. Dari pengamatannya, ia menghitung bahwa Bumi mestinya bergaris tengah 13.000 km. Hampir tepat dengan angka yang sebenarnya (12.756,28 km pada katulistiwa).

-          Galileo Galilei (1564-1642) - Seorang ilmuwan Italia yang menciptakan revolusi dalam astronomi dengan pengamatan perintisnya di angkasa. Dalam tahun 1609, Galileo mendengar mengenai penciptaan teleskop dan membuat satu bagi dirinya.

7.      Faedah apakah yang akan diperoleh dengan mempelajari astronomi!

Faedah yang akan diperoleh dengan mempelajari astronomi, diantaranya:

a.       Manusia jadi mengetahui pergerakan, penyebaran, dan karakteristik benda-benda langit.

b.      Manusia dapat menentukan awal bulan Puasa dan hari Lebaran.

c.       Manusia dapat menentukan waktu dengan berpatokan pada matahari atau bulan.

d.      Membantu manusia untuk menentukan arah mata angin.

e.       Manusia mengetahui terjadinya siang dan malam.

f.       Petunjuk fenomena alam (kejadian-kejadian alam) di bumi.

8.      Bagaimana perkembangan astronomi di Indonesia?

Perkembangan astronomi di Indonesia:

Bangsa Indonesia telah mengenal perilaku benda-benda langit sejak zaman kuno. Pada awalnya mereka mengamati benda-benda langit hanya dilakukan untuk keperluan astrologi Penyebutan beberapa obyek-obyek astronomi oleh masyarakat kuno menunjukkan fakta bahwa mereka sangat memanfaatkan benda-benda langit dalam keseharian mereka sejak lama. Sebagai contoh, lintang waluku adalah sebutan masyarakat jawa tradisional untuk menyebutkan tiga bintang dalam sabuk orion dan digunakan sebagai pertanda dimulainya musim tanam dan masih banyak lagi.

Astronomi modern di Indonesia makin berkembang setelah tahun 1928, atas kebaikan Karel Albert Rudolf Bosscha, seorang pengusaha perkebunan the di daerah Malabar. Dia memasang beberapa teleskop besar di Lembang, Jawa Barat, yang menjadi cikal bakal berdirinya Observatorium Bosscha yang kita kenal hingga kini. Penelitian astronomi yang dilakukan pada masa colonial diarahkan pada pengamatan bintang ganda visual dan survey langit di belahan selatan ekuator bumi.

Setelah Indonesia merdeka, penelitian astronomi tidak berhenti, bahkan terus dilakukan dan mulai diikuti jejaknya oleh astronom pribumi. Bukti nyata perkembangan penelitian astronomi adalah berdirinya pendidikan astronomi di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1959. Saat ini secara formal, pendidikan astronomi dihimpun di Departemen Astronomi, ITB dan secara langsung terkait dengan penelitian dan pengamatan di Observatorium Bosscha. Pendidikan tersebut juga didukung oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Selain pendidikan formal, terdapat wadah informal seperti Himpunan Astronomi Amatir Jakarta.

Indonesia memiliki pakar astronomi terbaik yaitu Profesor Dr.Bambang Hidayat yang pernah menjabat sebagai Vice President IAU (International Astronomical Union).

9.      Bagaimana keterkaitan antara ilmu fisika dengan ilmu astronomi?

Keterkaitan antara ilmu fisika dengan ilmu astronomi:

      Ilmu astronomi dan ilmu fisika adalah dua cabang ilmu yang saling melingkupi dalam satu kesatuan. Sebagai ilmu yang sama-sama mengkaji gejala-gejala alam, fisika dan astronomi dapat dipadukan dalam suatu padanan ilmu baru yang disebut astrofisika. fokus kajian astrofisika adalah sifat-sifat fisika jagad raya seperti luminositas, kerapatan, temperatur, dan komposisi-komposisi benda kimia dari benda-benda angkasa yang didasarkan pada pengamatan serta tinjauan teoritik yang dikemas dalam kosmologi.

 

10.  Apa yang menjadi kendala dalam mempelajari ilmu astronomi?

Kendala-kendala dalam mempelajari ilmu astronomi, diantaranya:

Ø  Seiring penemuan teknologi mutakhir yang mampu mendeteksi benda-benda langit dalam cakupan yang lebih kompleks, maka kepelikan dalam ilmu astronomi semakin bertambah sebab semakin banyak misteri alam semesta yang dimunculkannya.

Ø  Objek kajian astronomi bukanlah benda-benda yang dapat dikaji dalam laboratorium di bumi sehingga membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya yang sangat besar.

ANDA PENGUNJUNG KE :

CARI ARTIKEL LAIN DI BLOG INI DENGAN MEMASUKKAN KATA PADA KOLOM SEARCH DIBAWAH