PERANGKAT AJAR
IPA KELAS 8
SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA
Disusun Oleh :
M. AL. FURQAN, S.Pd
199102272023211005
SMPN SATAP 1 PULAU HANAUT
T.P. 2023/2024
PROGRAM TAHUNAN
Satuan Sekolah : SMPN Satap 1 Pulau Hanaut
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/ Semester : VIII / 2
Tahun Pelajaran : 2023/2024
No |
Materi Pembelajaran & Kompetensi Dasar |
ALOKASI WAKTU |
|
7 |
Tekanan Zat |
20 JP |
|
|
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan
penerapannya dalam |
|
|
|
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk
menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan
kapilaritas, misalnya dalam batang |
|
|
8 |
Sistem Pernapasan |
20 JP |
|
|
3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga sistem pernapasan. |
|
|
|
4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan. |
|
|
9 |
Sistem Ekskresi |
15 JP |
|
|
3.9 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri. |
|
|
|
4.9 Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapanya dalam menjaga kesehatan diri. |
|
|
10 |
Getaran, Gelombang dan Bunyi |
25 JP |
|
|
3.10 Memahami konsep getaran, gelombang, bunyi, dan pendengaran, serta penerapannya dalam sistem sonar pada hewan dan dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
4.10 Melakukan pengamatan atau percobaan tentang getaran, gelombang, dan bunyi |
|
|
11 |
Indera Pengelihatan dan Alat Optik |
15 JP |
|
|
3.11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik |
|
|
|
4.11 Membuat laporan hasil penyelidikan tentang pembentukan bayangan pada cermin, lensa, dan alat optik (Proyek) |
JP |
|
|
|
|
|
Satiruk, 4 Januari 2024
Mengetahui ,
Kepala SMPN Satap 1 Pulau Hanaut Guru Mata Pelajaran
Sri Yupitawati, S.Pd M. Al. Furqan, S,Pd
NIP. 198609212010012004 NIPPPK. 199102272023211005
PROGRAM SEMESTER
Tahun Pelajaran : 2023/2024 Kelas/Semester : VIII / 2
Mata Pelajaran : IPA Alokasi Waktu : 5 Jam / Minggu
Materi Pokok / Kompetensi Dasar |
Jml JP |
Januari |
Februari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
Ket |
|||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
|||
Tekanan Zat |
20 JP |
|
5 |
5 |
5 |
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sistem Pernapasan |
20 JP |
|
|
|
|
|
5 |
5 |
5 |
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sistem Ekskresi |
15 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
5 |
5 |
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Getaran, Gelombang, dan Bunyi |
25 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
5 |
5 |
|
5 |
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Indera Pengelihatan dan Alat Optik |
15 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
5 |
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
95 JP |
|
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
|
5 |
|
5 |
5 |
|
|
|
5 |
5 |
|
5 |
5 |
|
5 |
5 |
5 |
|
|
|
|
|
|
Jumlah Jam Cadangan |
0 JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Jam Total Semester Genap |
95 JP |
|
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
5 |
|
5 |
|
5 |
5 |
|
|
|
5 |
5 |
|
5 |
5 |
|
5 |
5 |
5 |
|
|
|
|
|
|
Satiruk, 04 Januari 2024
Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Pulau Hanaut Guru Mata Pelajaran
Sri Yupitawati, S.Pd M. Al. Furqan, S.Pd
NIP. 198609212010012004 NIPPPK. 199102272023211005
SILABUS STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA
Mata Pelajaran : IPA
Satuan Pendidikan : SMPN Satap 1 Pulau Hanaut
Kelas/Semester : VIII/2
Kompetensi Inti |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pembelajaran |
Proses Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.9 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri.
4.9 Membuat peta pikiran (mapping mind) tentang struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri.
|
Mengidentifikasi organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manuaia.
Menjelaskan struktur dan fungsi organ-organ penyusun sistem ekskresi manusia.
Menjelaskan proses pengeluaran zat sisa pada sistem ekskresi manusia.
Mendata gangguan pada sistem ekskresi dan bagaimana cara menanggulanginya. |
. Struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia dan penereapananya dalam menjaga kesehatan diri. |
Temu Muka Melakukan pengamatan (model / carta) dan diskusi struktur organ penyusun sistem eksresi.
Melakukan percobaan dan diskusi sistem ekskresi.
Penugasan Terstruktu Mencari informasi dan diskusi tentang gangguan sistem ekskresi dan penanggukan |
Pengamatan sikap
Pemahaman konsep.
Penlaian kinerja
|
5 X 40 menit
|
- Sumber : Eka Purjiyanta, M.Pd.,dkk. IPA Terpadu Jilid 2 untuk Kelas VIII SMP/MTs, Jakarta: Erlangga. - Lembar Kerja dan lembar pengamatan siswa - model/cara sistem ekskresi. - Alat dan bahan percobaan kelenjar keringat dan pH urine, - Guru dan peserta didik.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMPN Satap 1 Pulau Hanaut
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : VIII / 2
Materi Pokok/Topik : Sistem Eksresi
Alokasi Waktu : 1x Tatap Muka /3 JP x 40 Menit
A. KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, menguraikan, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud Implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
3.9. Menjelaskan struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan
penerapannya dalam menjaga kesehatan diri.
4.9. Membuat peta pikiran ( maping mind ) tentang struktur dan fungsi sistem eksresi pada manusia dan penerapannya dalam menjaga kesehatan diri.
C. INDIKATOR
3.9.1. Menyebutkan organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia
3.9.2. Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi.
3.9.3. Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ ginjal
3.9.4. Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ paru-paru
3.9.5. Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ hati
3.9.6. Menjelaskan hubungan struktur dan fungsi pada organ kulit
3.9.7. Mengidentifikasi kelainan dan penyakit yang terjadi pada system ekskresi.
3.9.8. Menyebutkan berbagai pola hidup untuk menjaga kesehatan sistem ekskresi.
4.9.1. Membuat peta pikiran yang menunjukkan hubungan struktur dan fungsi sistem ekskresi pada manusia.
4.9.2. Menyusun rencana pola hidup yang harus kita lakukan untuk menjaga sistem ekskresi.
D. MATERI PEBELAJARAN
1. Sistem ekskresi merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme, zat sisa metabolisme ini bersifat beracun bagi tubuh jika zat sisa tidak dikeluarkan, secara terus menerus akan merusak berbagai organ dalam tubuh. Organ-organ ekskresi dalam tubuh manusia berupa organ paru-paru yang mengeluarkan zat sisa CO2, ginjal yang akan mengekskresikan urin, kulit yang akan mengekskresikan keringat dan hati yang akan mengeluarkan bilirubin yang merupakan bahan sisa dari pemecahan sel darah merah yang sudah tua.
2. Proses pembentukan urin di dalam ginjal melalui tiga tahap yaitu
1) Filtrasi atau penyaringan yang terjadi di dalam glomerolus, sehingga terbentuk urin primer yang mengandung urea, glukosa, air, ion-ion anorganik seperti Na, K, Ca, dan Cl. Pada proses ini darah dan protein akan tetaptertinggal pada glomerolus.
2) Reabsobsi atau penyerapan kembali yang terjadi di dalam Tubulus Kontortus Proksimal. Pada proses ini terjadi penyerapan kembali zat-zat yang masih diperlukan oleh tubuh , zat yang diserap kembali adalah glukosa, air, asam amino, dan ion-ion organik. Sedangkan urea hanya sedikit diserap kembali.
3) Augmentasi terjadi di tubulus kontortus distal dan juga disaluran pengumpul. Pada bagian ini juga masih ada proses penyerapan ion natrium, clor serta urea. Cairan yang dihasilkan sudah keluar berupa urin sesungguhnya yang kemudian disalurkan ke rongga ginjal.Urin yang terbentuk dan terkumpul akan dibuang melalui ureter, kandung kemih dan uretra. Urin akan masuk kedalam kandung kemih yang merupakan tempat menyimpan urin sementara. Kemudian urin dikeluarkan melewati uretra yang kemudian dikeluarkan.
3. Pertukaran gas terjadi di dalam alveolusparu-paru, oksigen di udara yang memasuki alveoli akan berdifusi dengan cepat melintasi epitelium kedalam kumpulan kapiler yang mengelilingi alveoli, karbondioksida akan berdifusi dengan arah yang sebaliknya. Darah pada alveolus akan mengikat oksigen dan mengangkutnya ke sel-sel jaringan. Dalam jaringan, darah mengikat karbondioksida (CO2) untuk dikeluarkan bersama H2O yang dikeluarkan dalam bentuk uap air.
4. Hati berperan dalam merombak sel darah merah yang telah tua dan rusak, perombakan dilakukan oleh sel-sel hati yang disebut dengan sel histosit yang dipecah menjadi zat besi, globin dan hemin. Zat besi diambil dan di simpan dalam hati untuk dikembalikan ke sumsum tulang. Globin digunakan untuk metabolisme protein yang nantinya dipakai untuk membentuk Hb baru, sedangkan hemin diubah menjadi zat warna empedu berwarna hijau kebiruan yang disebut dengan bilirubin dan biliverdin. Zat warna empedu dikeluarkan ke usus dua belas jari dan dioksidasi menjadi urobilin. Urobilin berwarna kuning cokelat yang berperan memberi warna pada feses dan urin. Hati juga berfungsi menguraikan asam amino dan dari penguraiannya akan menghasilkan zat sisa urea yang bersifat racun bagi tubuh kita, urea dari dalam hati akan dikeluarkan dan diangkut ke ginjal untuk dikeluarkan bersama urin.
5. Kulit terdiri atas lapisan epidermis (kulit ari), epidermis tersusun oleh sejumlah lapisan sel. Lapisan atas yang disebut dengan lapisan tanduk tidak terdapat pembuluh darah, serabut saraf dan lapisan malpihi. Pada lapisan Dermis terdapat otot penggerak rambut, pembuluh darah dan limfa, indera, kelenjar minyak dan kelenjar keringat. Kelenjar keringat terdapat pada kulit, berbentuk pembuluh yang panjang dari lapisanmalpighi masuk ke bagian dermis. Kapiler darah, kelenjar keringat akan menyerap air dengan larutan NaCl dan sedikit urea. Air beserta larutannya akan dikeluarkan menuju pori-pori kulit.
6. Kelainan/ penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi adalah nefritis, albuminaria, batu ginjal, hematuria, diabetes melitus, diabetes insipidus, biang keringat dan penyakit kuning.
7. Pola hidup yang bisa diterapkan dalam menjaga kesehatan sistem ekskresi yaitu menjaga pola makan dan minum, menghindari merokok, menghindari minum-minumal alkohol dan kafein dan berolahraga dengan rutin.
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Langkah-langkah Model Discovery |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
Apersepsi |
· Guru memberi salam/berdo’a · Mengabsen kehadiran peserta didik · Menanyakan keadaan peserta didik |
20 menit |
Motivasi |
· Guru melakukan Apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan fenomena atau mengajukan pertanyaan” Coba bayangkan apa yang terjadi jika tubuh kamu tidak mengeluarkan urin atau keringat?
|
||
Kegiatan inti
|
Mengamati |
· peserta didik di beri motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik sistem ekresi. · Guru memperlihatkan video gambar organ ekresi pada manusia. |
80 menit |
Menanya |
· Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya setelah mengamati video tersebut.
|
||
Mengumpulkan Informasi |
· Siswa membaca materi tentang sistem ekresi pada manusia. · Siswa mengerjakan LKS yang dibagikan oleh guru. |
||
Mengolah Informasi |
· Siswa mencoba memberi keterangan pada peta konsep yang diberikan .guru |
||
Mengkomunikasikan |
Siswa mempresentasikan hasil kerjanya didepan kelas. |
||
Penutup |
Kesimpulan |
· Guru dan peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran · Pesrta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran · Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik |
20 menit |
Refleksi |
· Guru menanyakan kepada peserta tentang pembelajaran hari ini, apakah menyenangkan atau tidak? |
||
Evaluasi |
· Peserta didik menjawab kuis tentang organ ekresi yaitu ginjal. · Pemberian tugas membaca tentang ginjal pada buku siswa untuk pertemuan berikutnya |
F. PENILAIAN
1. Jenis/teknik penilaian
Metode |
Bentuk Instrumen |
Sikap |
Lembar pengamatan sikap dan rubrik |
Tes unjuk kerja |
Tes penilaian kinerja |
Tes tulis |
Tes uraian dan pilihan ganda |
1. Lembar pengamatan sikap
No |
Nama Siswa |
Skor |
||||||
Rasa Ingin Tahu |
Ketelitian |
Kerja Sama |
Komunikasi |
Keterampilan |
Nilai |
Jumlah Skor |
||
1 |
|
|||||||
2 |
|
|||||||
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar pengamatan sikap pada saat pengamatan
No. |
Aspek yang dinilai |
1 |
2 |
3 |
4 |
Keterangan |
1. |
Rasa ingin tahu (curiosity) |
|
|
|
|
|
2. |
Ketelitian dalam melakukan kerja individu |
|
|
|
|
|
3. |
Ketelitian dan kehati-hatian dalam kerja kelompok |
|
|
|
|
|
4. |
Ketekunan dan tanggung jawab dalam bekerja secara individu maupun kelompok |
|
|
|
|
|
5. |
Ketrampilan saat berkomunikasi dalam diskusi kelompok |
|
|
|
|
|
Rubrik Penilaian Sikap
No |
Aspek yang dinilai |
Rubrik |
1. |
Menunjukkan rasa ingin tahu |
1. Tidak menunjukkan rasa ingin tahu, tidak antusias, pasif 2. Menunjukkan rasa ingin tahu, tidak antusias, pasif 3. Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif 4. Menunjukkan rasa ingin yahu yang sangat besar, seluruh perhatian dicurahkan untuk mencari tahu |
2. |
Ketelitian dalam melakukan kerja individu |
1. Melakukan pekerjaan tidak sesuai prosedur, bekerja dengan tergesa-gesa, hasil tidak tepat. 2. Melakukan pekerjaan sesuai prosedur, hati-hati dalam bekerja, hasil tidak tepat. 3. Melakukan pekerjaan sesuai prosedur, hati-hati dalam bekerja, hasil tepat. 4. Mengamati wujud benda dengan teliti, serius, penuh perhatian |
3. |
Ketelitian dan kehati-hatian dalam kerja kelompok |
1. Melakukan kerja dengan tergesa-gesa secara bersama dengan teman sekelompok, dengan hasil yang tidak tepat. 2. Melakukan kerja dengan hati-hati secara bersama dengan teman sekelompok, dengan hasil yang tidak tepat. 3. Melakukan kerja dengan hati-hati secara bersama dengan teman sekelompok, dengan hasil yang tepat. 4. Melakukan kerja dengan sangat hati-hati secara bersama dengan teman sekelompok, dengan hasil yang tepat. |
4. |
Ketekunan dan tanggung jawab dalam bekerja secara individu maupun kelompok |
1. Tidak bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas, tidak mendapatkan hasil 2. Tekun dalam menjalankan tugas, tidak mendapatkan hasil terbaik 3. Tekun dalam menjalankan tugas, mendapatkan hasil terbaik dan tepat waktu 4. Tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, sistematis dan berupaya tepat waktu |
5. |
Keterampilan saat berkomunikasi dalam diskusi kelompok |
1. Tidak aktif bertanya, tidak mengemukakan gagasan, menghargai pendapat orang lain 2. Aktif bertanya, tidak mengemukakan gagasan, menghargai pendapat orang lain 3. Aktif bertanya, aktif berpendapat, menghargai pendapat orang lain 4. Aktif dalam tanya jawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide secara ilmiah, dan menghargai pendapat siswa yang lain. |
A. Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1. Berikut ini adalah alat ekskresi pada manusia, kecuali....
a. ginjal b. kulit
c. hati d. usus besar
2. Pernyataan berikut berhubungan dengan sistem pengeluaran manusia, kecuali....
a. kulit menghasilkan keringat
b. ginjal menghasilkan urine
c. hati menghasilkan empedu
d. pankreas menghasilkan enzim amilase
3. Perhatikan gambar di samping.
Tempat untuk menampung urin sebelum dikeluarkan dari tubuh ditunjukkan oleh nomor....
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
4. Perhatikan gambar di bawah ini!
Bagian yang berperan dalam proses pembentukan urin primer adalah....
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
5. Sisa penyaringan pada proses filtrasi menghasilkan urin yang masih mengandung
zat yang berguna bagi tubuh, kecuali....
a. glukosa
b. urea
c. garam-garam mineral
d. asam amino
6. Zat sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah....
a. urea dan uap air
b. garam dapur dan air
c. asam amino dan amonia
d. karbondioksida dan uap air
7. Zat berikut yang tidak dihasilkan oleh hati adalah....
a. urea
b. empedu
c. bilirubin
d. glukosa
8. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena....
a. melindungi tubuh dari kuman
b. mempunyai kelenjar keringat
c. mempunyai ujung saraf reseptor
d. melindungi tubuh dari cahaya matahari
9. Adanya batu ginjal di dalam rongga ginjal dapat menimbulkan....
a. diabetes insipidus
b. hematuria
c. nefritis
d. hidronefrosis
10. Bila kadar glukosa dalam urin 1,5%, maka kemungkinan orang tersebut menderita....
a. peradangan kandung kemih
b. penyakit diabetes melitus
c. penyakit diabetes insipidus
d. gagal ginjal
Kunci Jawaban
Nomor Soal |
Jawaban |
Skor |
Keterangan |
1. |
D |
1 0 |
Jawaban benar Jawaban salah |
2. |
D |
1 0 |
Jawaban benar Jawaban salah |
3. |
C |
1 0 |
Jawaban benar Jawaban salah |
4. |
A |
1 0 |
Jawaban benar Jawaban salah |
5. |
C |
1 0 |
Jawaban benar Jawaban salah |
6. |
D |
1 0 |
Jawaban benar Jawaban salah |
7. |
D |
1 0 |
Jawaban benar Jawaban salah |
8. |
B |
1 0 |
Jawaban benar Jawaban salah |
9. |
B |
1 0 |
Jawaban benar Jawaban salah |
10. |
B |
1 0 |
Jawaban benar Jawaban salah |
G. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
- Komputer, - Video Pembelajaran
- Smartphone
- Alat tulis
- Internet
2. Sumber Pembelajaran
1. Buku siswa IPA SMP Kelas VIII, Puskurbuk 2013
2. Buku Guru IPA SMP Kelas VIII, Puskurbuk 2013
3. Lembar observasi/Pengamatan “Ayo kita selesaikan”
4. Sumber lain yang relevan
Satiruk, 20 Februari 2024
Mengetahui,
Kepala SMPN Satap 1 Pulau Hanaut Guru Mata Pelajaran
Sri Yupitawati, S.Pd M. Al. Furqan, S.Pd
NIP. 198609212010012004 NIPPPK. 199102272023211005